Sejarah STTIB

Tanggal 19 September 2000.  Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang (STTIB) adalah suatu perguruan tinggi dengan program studi Teknik Mesin dan Teknik Kimia dengan jenjang Strata Satu (S1). 

Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang (STTIB) telah melaksanakan program pendidikan sejak tahun 2000 berdasarkan SK Dikti No.199/D/O/2000 tanggal 19 September 2000 dengan status Terdaftar. 

Kemudian pada Tanggal 19 Juli 2005 mendapatkan Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 2571/D/T/2005 untuk Jurusan Teknik Mesin dan Nomor 2572/D/T/2005  untuk Jurusan Teknik Kimia. Akreditasi Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Mesin berselang satu tahun. SK BanPTNO.004/BAN-PT/AK-XV/SI/IV/2012 Program Studi Teknik Kimia Memperoleh Nilai C, dan SK Ban– PTNO.227/SK/BAN-PT/AK-XVI/SI/XI/2013 Program Studi Teknik Mesin Memperoleh Nilai C.

Adapun fakultas dan jurusan di STTIB adalah Prodi S1 Teknik Kimia dan Prodi S1 Teknik Mesin, jumlah mahasiswa STTIB hingga saat ini telah mencapai 639 orang. Jumlah dosen STTIB saat ini 20 orang. Terdiri dari 9 dosen Teknik Kimia, dan 11 dosen Teknik Mesin. 

STTIB berada di bawah naungan Yayasan Pembinaan Islam Al-Ikhlas (YABIS) Bontang, yang diketuai oleh Drs. H. Muslim Arsyad. Kampus ini merupakan pengembangan dari pendidikan yang berkelanjutan setelah jenjang TK, SD, SMP dan SMA. 

Sekolah Tinggi ini merupakan jenjang pendidikan formal tertinggi di bawah naungan YABIS, didirikan karena dorongan rasa tanggung jawab untuk ikut berkiprah dalam membangun dan meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), melalui jalur pendidikan untuk mengangkat citra, harkat dan martabat kota Bontang.

STTIB melakukan kerja sama dengan PT. BADAK NGL dan PUPUK KALTIM, tbk, dalam hal Praktek Kerja Industri sekaligus fasilitas laboratorium mahasiswa/mahasiswi pada Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Mesin. 

Kampus teknologi ini telah Melakukan wisuda sarjana pertama pada tahun 2010 dan wisuda ke 2 pada tahun 2012 dan direncanakan akan melaksanakan wisuda yang ke 3 pada tahun 2017. Para alumni STTIB telah bekerja dibeberapa Perusahaan Khususnya di Kota Bontang di antaranya PT.PUPUK KALIMANTAN TIMUR ,PT BADAK LNG, dan juga bekerja di luar negeri seperti Qatar, Angola dll.